Senin, 12 Maret 2012

24 Wajah Billy: Dua Puluh Empat Orang Hidup Dalam Diri Billy Miligan




Resensi Buku:

24 Wajah Billy adalah buku yang berisi kisah nyata William Stanley Milligan yang memiliki kepribadian majemuk, yang total jumlahnya ada 24 kepribadian!. Buku ini dibuka dengan terungkapnya kasus perkosaan 3 orang wanita di Ohio State University. Berdasarkan kesaksian dari para korban akhirnya kepolisian setempat berhasil menangkap pelakunya yang bernama Billy Milligan. Dalam proses penyiapan persidangan dari para pengacaranya akhirnya terungkap bahwa Billy memiliki kepribadian majemuk dan beberapa dari kepribadian tersebut melakukan tindak kriminal tanpa diketahui oleh pribadi-pribadi lainnya. Dengan alasan inilah para pengacaranya berusaha membebaskan Billy dari segala tuduhan dengan dalih ketidakwarasan akibat kepribadian majemuk.


Dalam buku ini dikisahkan bagaimana pribadi Billy yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang buruk menjadi rapuh dan terpecah-pecah akibat menyaksikan ayah kandungnya bunuh diri dan mengalami pelecehan seksual dari ayah tirinya. Satu persatu pribadi terbentuk dan muncul sesuai keadaan yang dialami Billy:

- Billy, pribadi inti yang rapuh,
- Arthur sang pemimpin, pria Inggris yang selalu rasional,
- Ragen yang akan muncul jika Billy dalam keadaan bahaya,
- Allen yang manipulatif dan pandai bicara,
- Tommy, ahli melepaskan diri dari ikatan apapun,
- David, anak laki-laki berusia 8 th penanggung rasa nyeri,
- April, wanita dengan satu ambisi yang membunuh ayah tiri Billy,
- Adalana, wanita lesbian yang pemalu dan haus cinta,
- Philip si penjahat brutal,

Total kepribadian yang dimiliki Billy diketahui sebanyak 24 kepribadian! Kepribadian ini secara bergantian memasuki kehidupan Billy, awalnya kesemuanya diatur oleh pribadi Arthur yang menentukan siapa-siapa saja yang akan muncul, namun ada kalanya terjadi masa kacau-balau di mana pribadi-pribadi tersebut muncul di luar kendali Arthur dan mengacaukan kehidupan Billy.

Ketika Billy menjalani perawatan di Athens Mental Health Center lambat laun kepribadian Billy terfusi melebur menjadi satu pribadi utuh yang dinamai Sang Guru, yang memiliki nyaris segenap ingatan yang utuh tentang Billy.

Secara keseluruhan kisah ini sangat menarik untuk dinikmati, dari segi alur cerita yang dimulai dari terungkapnya kasus perkosaan cerita kembali ke masa-masa awal kehidupan Billy dan latar belakang keluarganya. Keyes menuliskannya dengan teliti dan tekun dengan menghabiskan dua tahun bersama Billy Miligan, dan telah mewawancarai keluarga, dan beberapa dokter dan petugas medis yang pernah merawat Billy.  


========================================================================

Ini buku yang membuat gw mulai menyenangi dunia psikologi..setelah membaca buku ini gw sempet berpikir "manusia udah menjelajahi luar angkasa, menyelami lautan terdalam, masuk ke perut bumi..tapi ironisnya banyak area-area yang ada di dalam diri manusia itu sendiri yang masih belom terjamah, banyak aspek-aspek dalam kejiwaan manusia yang masih misterius bagi kita sendiri. Contohnya ya soal kepribadian majemuk ini yang bahkan di dalam dunia medis pun masih banyak perbedaan pendapat soal apakah kepribadian majemuk itu benar-benar ada atau hanya rekayasa hayalan para penderita? 

Dalam kasus si Billy sendiri yang statusnya sebagai tersangka pemerkosaan dan perampokan ga heran kalau banyak orang-orang yang meragukan adanya kepribadian ganda, banyak yang berpikir itu cuma akal-akalan dia aja untuk lari dari hukuman, walopun akhirnya si Billy akhirnya berhasil bebas dari tuntutan hukum (oh ya mungkin ada yang pernah denger hukum yang kurang lebih menyatakan kalau orang gila tidak dapat dikenai hukuman dan dipenjara atas perbuatan kriminal yang dilakukannya, sebaliknya dia justru akan dimasukkan ke pusat rehabilitasi kejiwaan (RSJ), nah hukum itu asal mulanya ya dari kasus si Billy ini

Oh ya buku 24 Wajah Billy ini sebenernya juga ada sekuelnya loh judulnya "Pertarungan Jiwa Billy" yang menceritakan kisah hidupnya dia selama berada di Pusat Rehabilitasi yang tentunya ga kalah seru sama buku pertama (malah lebih menyeramkan hehe).

FYI ada lagi buku yang menceritakan tentang Kepribadian Majemuk (Multiple Personality Disorder) judulnya "SYBIL" tentang seorang wanita yang mempunyai 16 kepribadian! bukunya berdasarkan kisah nyata juga dan lebih jadul dari si Billy ini, malah dokter yang mengobati Sybil sempet ngebantu pengobatan si Billy juga loh... 
well untuk resensi Sybil bakal ditulis lain kali deh hehe ^^ 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

beli buku ini di mana yah?

Unknown mengatakan...

beli buku ini di mana yah?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews