Senin, 12 Maret 2012

Suplemen Tidak Dapat Mencegah Osteoporosis




Banyak anjuran ditujukan bagi para manula. Salah satunya, memperbanyak konsumsi makanan atau suplemen yang kaya vitamin D dan kalsium. Ini bertujuan untuk menghambat proses osteoporosis. Maklum, penyakit keropos tulang itu lebih banyak diderita para manula.
Namun studi terbaru yang dilakukan Dokter Robin M. Daly dari Universitas Melbourne, AUstralia, menunjukkan bahwa pemberian asupan vitamin D dan kalsium tidak memperkuat tulang!
Dokter Daly meneliti 180 pria berumur 59-70 tahun yang dipilih secara acak. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengkonsumsi susu yang difortifikasi dengan kalsium berkadar 1.000 mg dan vitamin D 800 mg per hari. Sedangkan kelompok kedua tidak mengkonsumsi keduanya. Studi yang berlangsung selama satu setengah tahun ini menemukan kelompok yang tidak minum kedua vitamin dan mineral tersebut memiliki massa tulang yang lebih banyak.
Dokter Daly, seperti dikutip situs reuters.com, Kamis pekan lalu, berkesimpulan:suplemen tidak memberikan manfaat untuk pencegahan atau memperlambat proses osteoporosis. Ia justru memandang, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan kerap latihan seperti jalan kaki merupakan cara yang efektif untuk mencegah osteoporosis
nah lo?! makanya lebih baik mencegah sakit daripada mengobati sakit ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews